Liburan ke Pahawang: Putih Semerawang Menembus Awang-Awang

Pengalaman open trip Pulau Pahawang. Pantai pasir putih pahawang tak terelakkan. Begitu indah mempesona laksana ikan-ikan mengungkung penuh dahaga.

Berencana liburan ke Pahawang? Bisa jadi dengan berlibur ke Pahawang, menjadi pengalaman pertama anda mengunjungi pulau Sumatera.

Pulau Pahawang merupakan tempat nan indah yang kecil yang terletak di daerah Lampung. Tepatnya di lampung selatan di kabupaten pesawaran.

Pantainya indah mempesona dengan pasir pantainya. Menjadi pengalaman snorkelingnya begitu bikin eling. Berbagai penyedia jasa layanan open trip, menawarkan harga sekitar 600 ribu sampai 750 ribu untuk berwisata ke sini selama 3 hari dua malam pemberangkatan dari Jakarta. All in dah pokoknya, akomodasi, transportasi, hingga makanan.

Ada dua daerah di sini pahwang besar dan pahawang kecil. Pahawang besar luasnya 1000 hektar  sementara pahawang kecil luasnya 13 hektar.

Snorkeling di sini, weuhh, keren.. Biota laun dan terumbuh karangnya begitu crispy.

Waktu terbaik liburan ke Pahwang

Pahawang paling baik dikunjungi di bulan Mei-Agustus. Waktu paling dihindari adalah bulan September sampai Desember karena di rentang bulan ini ada musim angin barat sehingga ombaknya begitu besar. Tapi perlu diingat, musim angin barat waktunya tidak bisa diprediksi.

Ada taman nemo yang sengaja dibuat

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum liburan ke Pahawang

Sunblock

Baju renang

Perjalanannya

Hari Pertama

Hari pertama sebenarnya ga bisa dianggap liburan. Ya karena isinya cuma berkumpul di meeting poin jam 8an malam, dan dihabiskan hanya di perjalanan haha.

Jadi kita-kita disuruh kumpul gitu jam 8 malam harus sudah sampai lah di Lobby Plaza Festival yang ada di Kuningan, Jakarta. Di meeting point ini kalian bisa beli snack-snack dulu di Indomaret yang ada di Plaza Festival. Jangan lupa beli air minum dalam kemasan yang banyak yaaw.

Perjalanan pun dilanjutkan ke daerah Merak. Biasanya di sini ada meeting point lagi bagi orang-orang yang startnya dari Merak.

Hari Kedua

Sampailah di pelabuhan Merak Jam 1 malam. Lalu kita naik kapal ferry. 3 jam perjalanan untuk sampai ke Lampung tepatnya di Bakauheni.

Nah sampailah kita-kita di Bakauheni sekitar jam setengah tujuh pagi,, kita-kita nih brew, lanjut perjalanan naik mobil elf yang bisa mengangkut sekitar 16 penumpang. Mobilnya dah menanti kedatangan kita di Bakaueheni. Lalu kita jalan menuju dermaga ketapang.

Di dermaga ketapang nih, kita mampir ke rumah warga. Di sini kalian sarapan dulu di rumah warga. Udah disiapkan kok ama tour agentnya.

Trus tour leadernya nge-briefing. Kita siap-siap dulu buat ganti pakaian, karena mau langsung snorkeling.

Abis itu jalan lah kita-kita ke dermaga ketapang, langsung cus naik kapal nelayan. Kita berjalan ke spot-spot snorkeling.

Salah satunya yang ada tulisan Welcome to Pahawang. Berfoto juga ama si Nemo. Trus ada juga main-mainan banana boat. Yang bisa dinaikin 3 orang.

Selesai snorkeling, kita jalan lah menuju home stay. Di sini kita bersih-bersih brew. Disediakan juga makan siang. Istirahatlah kita-kita dari siang hari. Sore ya kita juga masih di resort santuy santuy.

Trus snorkeling lagi, puas lah, gw coba berenang dari kapal menuju pantai apa lupa namanya. Ini jadi rekor renang di laut gw yang terpanjang

Jalan lah kita ke pulau pahawang kecil

Trus jalan ke Pulau Pahawang Kecil. ke pantai yang kalo lagi surut, daratannya keliatan, trus ada bintang laut di situ. Namabta Pasir Timbul.

ke tempat yang ada bintang laut. Lupa namanya. Dan ke pantai yangSunsetan di sana

Malamnya ada acara makan cumi bakar. Enak banget rasanya. Karena emang pada dasarnya gw suka cumi. Trus Makrab gitu lah.

Istirahatlah kita-kita

hari Ketiga

Menanti sunrise. Tapi di homestay bukan spot yang bagus buat sunrise karena mataharinya ga muncul wkwkwk. karena melawan arah sih lebih tepatnya.

Lalu kita berangkat naik kapal.

Lalu kita ke Pulau Kelagian Lnik. Di sini berenang cuy. Pantainya begitu indah. Ada ayun-ayunan. Pokoknya aernya biru banget lah brew. Di sini gw juga mencoba memainkan donattt!!! Seru banget, donatnya isi empat orang. ,,.ampe gw batuk-batuk pengen muntah.

Lalu kita jalan ke mana ya lupa nama pulaunya haha. Kayaknya pulau Kelagian (utama). Eh Ralat, ternyata Pulau Mahitem, atau pulau maitem. Di sini ada nyiur kelapa yang melambai-lambai.

Abis ini kapal berangkat, trus gw kaget, loh kok bentar doang udah. nyampe dermaga awal (ketapang) wkwkwk. Yang jelas abis dari sini, tiba-tiba cepat sampai ke dermaga

----

Abis itu ke rumah warga, bersih2, dan persiapan naik mobil ELF. Perjalanan melelahkan. Tapi di tengah-tengah jalan mampir dulu ke Bakso SOny. ENak banget rasanya. Cari atm pun susah. Abis itu balik lah ke pelabuhan

Abis itu naik kapal ferry premium dan cepat sampainya hanya 1 jam saja dibandingkan kapal yang pertama pas kita berangkat.

Abis nyampe di pelabuhan merak, sampailah kita menunggu penjemputan mobil. Lalu kami jalan dan turunlah di plaza semanggi. Abis itu ke kosan haji nawi. Dan twidur.

Abis itu naik kapal lagi

Kita ke pantai

Ga berenang sih, karena ombaknya besar.

Lal

Plus Minus

Ini menjadi pengalaman pertama saya menginjakkan kaki di pulau Sumatera.

Transportasi naik ELF yang cukup lama memakan waktu

Makan bakso sony lampung yang enak sekale

Isinya snorkeling semuaaa, wkwk, nyesel yang ga bisa renang tapi ikutan trip ini, jadi bisanya cuma liat pantai sahaja.

Berkomentar di http://schodeilham.com/2017/04/11/pulau-pahawang-kecil-ternyata-gak-kalah-seru-dari-pahawang-besar-%F0%9F%98%81/